SEO yang salah

Kesalahan umum dalam SEO
Grafis Header
Sering sekali sebuah website dirancang dengan header yang mengandung grafis. Sering kita jumpai gambar logo perusahaan mendominasi sebuah halaman website. Jangan pernah anda lakukan itu. bagian atas dari sebuah halaman web adalah tempat yang paling penting dimana anda harus menempatkan keyword paling penting anda agar anda mendapatkan hasil SEO yang terbaik. Jika anda harus meletakkan logo, cara paling baik adalah tempatkan logo anda pada bagian atas setiap halaman dan ukurannya tidak terlalu besar dan sisanya dapat anda pakai dengan menempatkan text header.


Menu navigasi grafis
Sama halnya dengan yang diatas - internal link pada website anda harus mengandung keyword yang akan memberi manfaat tambahan dalam peringkat SEO. Jika menu navigasi anda mengandung elemen grafis, maka mesin pencari tidak akan mampu mengindex text pada link tersebut. Jika harus menggunakan menu grafis, gunakanlah attribute ALT untuk semua image grafis tersebut.
Navigasi menggunakan script
Kadang-kadang script digunakan sebagai navigasi website. Namun harus diperhatikan bahwa search engine tidak bisa membaca dan mengeksekusi script, sehingga sebuah link yang dijelaskan sebuah script akan dianggap tidak ada oleh search engine, robot search engine tidak akan menelusurinya dan bagian dari website anda tidak akan terindex.
Session identifier
Ada sebagian situs yang menggunakan session identifier. Artinya, setiap pengunjung situs akan mendapat parameter khusus (&session_id=) saat pengunjung tersebut tiba. ID ini ditambahkan pada alamat setiap halaman yang dikunjungi pada situs tersebut. Session ID tersebut akan membantu pemilik situs mengumpulkan data termasuk data tentang ‘perilaku’ pengunjung. Namun, bagi robot pencari, sebuah halaman dengan alamat baru adalah halaman baru. Ini artinya setiap kali robot tersebut berkunjung ke website seperti itu maka akan mendapat sebuah session identifier yang baru dan akan menganggap halaman tersebut sebagai halaman baru.
Search engine memiliki algoritma untuk mengkonsolidasi mirrors dan halaman dengan konten yang sama. Oleh karena itu, website dengan session ID akan dikenali dan terindex dengan baik. Namun, sulit untuk mengindex halaman seperti itu dan kadang-kadang terindex tidak semestinya yang akan mempengaruhi dalam pemeringkatan. Dianjurkan sebisa mungkin untuk menghindari pemakaian session identifier.
Redirect
Redirect akan menyebabkan analisa sebuah website makin sulit bagi robot search engine, yang akan memberi efek buruk terhadap SEO. Jangan gunakan redirect kecuali anda memiliki alasan yang kuat tentang hal itu.
Text tersembunyi - cara buruk dalam SEO
Text tersembunyi (dimana warna text sama dengan warna background sebuah web page) akan memberi kesempatan bagi pemilik situs untuk menjejali sebuah halaman dengan keyword tertentu tanpa mempengaruhi tampak visual web page tersebut. Text demikian tidak akan terlihat oleh mata manusia namun akan terlihat oleh mata search engine. Cara optimisasi seperti ini bisa mengakibatkan website di-ban (dikeluarkan dari index mesin pencari) selamanya.
Link dengan ukuran satu pixel
Ini satu lagi cara SEO yang buruk. Search engine akan mengganggap pemakaian link dengan ukuran huruf hanya satu pixel - sehingga hampir tidak terlihat - sebagai upaya penipuan yang akan membuat sebuah website di-ban.

0 komentar:

Posting Komentar