Search Engine Optimization

Dengan semakin meningkatnya komunitas global Internet, semakin banyak teknik yang bermunculan dengan tujuan agar sebuah usaha mampu menguasai pangsa pasar sebesar-besarnya. Selain itu, Internet dimanfaatkan oleh berbagai macam orang dari segala penjuru dunia yang berpotensi menjadi pelanggan sebuah usaha untuk cari duit

Dahulu, menggunakan internet untuk mencari informasi begitu mudah karena hanya sedikit website yang tersedia dan bekerja secara online. Namun sekarang ini, internet telah menjadi lumbung informasi yang tak terhingga dengan segala bentuk dan ukuran, dengan orang-orang dari berbagai kelompok usia, latarbelakang dan lokasi geografis, mengeluarkan berbagai publikasi dan informasi online mereka masing-masing.

Oleh sebab itu, para pengguna internet sangat bergantung pada berbagai perangkat atau tools yang tersedia bagi mereka untuk memudahkan hidup mereka.

Search engine atau mesin pencari adalah perangkat interface online yang digunakan untuk mencari informasi yang relevan secara online berdasarkan kata kunci atau keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet. Maka dari itu, para pelaku usaha online (online business) berupaya mencari cara agar mendapat prioritas utama dari antara ratusan bahkan ribuan pelaku usaha online lainnya yang menawarkan informasi yang sama.

Salah satu metode yang dirancang untuk memaksimalkan potensi internet bagi dunia usaha yang sangat bergantung pada terciptanya pengunjung Internet yang menuju website mereka adalah Search Engine Optimization atau jamak disingkat dengan SEO .

Search Engine Optimization adalah suatu metode yang diperlakukan terhadap sebuah website dan informasi yang dikandungnya agar mendapat peringkat terbaik dalam daftar hasil pencarian sebuah search engine atau mesin pencari. Metode ini biasanya menghasilkan sebuah website berada diatas website lain, khususnya untuk mesin pencari organic. Pengertian organic disini adalah hasil pencarian yang bukan berasal dari hasil pembayaran; dimana “laba-laba” atau sering disebut crawler atau spider dari mesin pencari melakukan aksi penelusuran pada web dan mengikuti semua link yang ada hingga ke halaman web asalnya.

Namun, seperti umumnya yang baik, SEO juga disalahgunakan oleh orang-orang yang hendak mengambil keuntungan, sehingga sekarang ini sering terdengar istilah “White Hat SEO” dan “Black Hat SEO”. White hat SEO adalah teknik SEO yang mengikuti kaidah yang sebenarnya dan digunakan oleh penyedia jasa konsultan untuk membantu klien mereka, sementara Black hat SEO adalah teknik SEO yang digunakan untuk memanipulasi mesin pencari dengan cara yang tidak etis.

Banyak website, dalam upaya menarik pengunjung, menggunakan berbagai cara - iklan pay-per-click, iklan prabayar, dan hasil pencarian organic - dan SEO lebih ditujukan untuk yang terakhir, yakni hasil pencarian organic. Apa yang menjadi perhatian utama SEO untuk memaksimalkan hasil pencarian organic adalah dengan bertitik tolak pada keyword yang relevan.

Metode White hat SEO, karena menitikberatkan pada perbaikan website untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam daftar hasil pencarian, lebih menekankan pada isi atau konten sebuah website.

Cara pertama untuk hal ini adalah dengan membuat script code yang bersih, dengan maksud makin sederhana sebuah script code akan menyampaikan isi atau informasi yang lebih banyak pada pengguna website. Script code yang bersih dan sederhana akan membantu “laba-laba” mesin pencari mengartikan keterkaitan (relationship) dan tautan (link) antara halaman web dan keyword.

Cara kedua adalah dengan membuat konten yang bermutu yang ditulis dengan tujuan untuk memberi informasi dan kepuasan tertinggi bagi penggunanya. Mesin pencari mengartikan “kepuasan” pelanggan berdasarkan relevansi konten dan frekuensi kunjungan, biasanya dikaitkan dengan mutu konten yang diberikan sebuah website. Dengan berkonsentrasi untuk memberikan informasi bermutu kepada penggunanya, sebuah website akan menjadi perhatian pengunjung.

Akhirnya, dengan membantu pengguna agar lebih baik dalam memahami dan menerjemahkan isi atau kandungan sebuah website, seorang bisa memaksimalkan teknik SEO dan peringkat hasil pencarian website mereka. Relevansi adalah kunci utama untuk memastikan pengunjung datang ke website anda.

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang dbutuhkan seorang pemilik website/blog untuk mengoptimasi website/blog mereka agar ‘bersahabat’ dengan search engine (mesin pencari). Disini akan diberikan petunjuk dan kaidah yang digunakan dalam mengaplikasikan SEO bagi blogger pemula,meliputi rekomendasi SEOyang jelas, petunjuk praktis, tips-tips singkat dan tools SEO.

0 komentar:

Posting Komentar